Monday, January 23, 2017

Gunung Kaba, Suaka Bagi Hiker Di Provinsi Bengkulu

Pemandangan kawah belerang gunung Kaba
Artikel ini terakhir di-update 22 November 2019
For the English version click here!

Gunung Kaba atau yang juga biasa disebut bukit Kaba oleh penduduk setempat, memiliki panorama yang indah dan alami dengan temperatur udara yang moderat, gunung ini menawarkan pengalaman inspiratif bagi mereka yang memiliki hobby trekking atau mendaki gunung untuk menikmati pemandangan hutan tropis plus kawah belerang yang spektakuler dan unik. Gunung Kaba merupakan gunung berapi aktif yang berada di dalam kawasan Konservasi Wisata Alam Bukit Kaba yang memiliki luas area13.490 hektar dan diusulkan untuk pengembangan pariwisata di provinsi Bengkulu. 

Pendakian ke gunung Kaba menawarkan petualangan, semangat hiking, dan tantangan fisik melewati pemandangan hijau yang mempesona. Di bagian puncak gunung, terdapat tiga kawah – bukit Kaba (1.952 m / 6.404 kaki), bukit Itam (1.893 m / 6.211 kaki) and bukit Malintang (1.713 m / 5.620 kaki), dua dari tiga kawah tersebut masih aktif. Saat Anda mendaki punggung gunung Kaba Anda dapat mencium bau belerang, ini bukti bahwa kawah-kawah tersebut masih aktif. Nikmati pemandangan spektakuler di sekeliling Anda. Uap tidak henti-hentinya keluar dari 12 retakan tanah, dan sejumlah mata air panas (tidak layak untuk diminum) dapat ditemukan di sekitar kawasan bukit Kaba. 

Pendakian menuju puncak gunung Kaba
PENJELASAN TRACK 
Pendakian ke bukit Kaba dapat ditempuh dari berbagai arah, tapi dua rute yang paling populer yaitu jalur reguler/jalur jalan aspal yang dimulai dari depan pos POKDARWIS dengan menelusuri jalan aspal hingga ke puncak, dan kemudian jalur hutan yang dimulai dari belakang pos POKDARWIS. Para pengunjung diwajibkan untuk melapor dan mengisi buku tamu di pos POKDARWIS sebelum pendakian dimulai. Biaya masuk Rp. 100.000 (sekitar US$ 7,08) untuk wisatawan asing dan Rp. 10.000 (sekitar US$ 0,71) untuk wisatawan domestik. Bagi para pengunjung yang ingin berkemah beberapa hari di sekitar puncak gunung, mereka akan dikenakan biaya tambahan. Ada beberapa tempat parkir sederhana di dan di sekitar pintu masuk pos POKDARWIS untuk akses dan kemudahan bagi pengunjung yang ingin menitipkan sepeda motor atau mobil mereka untuk hanya beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Biaya parkir Rp. 5.000 (sekitar US$ 0,35) untuk sepeda motor, dan Rp. 20.000 (sekitar US$ 1,421) untuk mobil. Waktu yang baik untuk mendaki Gunung Kaba yaitu di musim kemarau antara bulan April – September.
  

Opsi Jalur Reguler
Durasi pendakian: 1 jam 45 menit hingga 3 jam pendakian
Jika pendakian dimulai di pintu masuk pos POKDARWIS, biasanya memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak melalui jalur reguler jika Anda merasa energik. Ikuti saja jalur jalan aspal, jalur tersebut akan menuntun Anda hingga ke puncak. Durasi hiking tergantung pada kecepatan langkah kaki Anda, kondisi cuaca, dan seberapa sering Anda berhenti untuk beristirahat dan melihat-lihat pemandangan. Durasi yang kami berikan untuk opsi jalur regular adalah perkiraan, karena semua orang berjalan pada kecepatan yang berbeda-beda. Anda sangat disarankan untuk mengambil jalur reguler jika Anda melakukan pendakian di saat/setelah hujan. Saat musim hujan durasi pendakian bisa menjadi lebih lama.

Opsi Jalur Hutan
Anda dapat menempuh rute jalan setapak melalui hutan untuk melihat pemandangan yang lebih indah dan merasakan sensasi trip petualangan. Hiking melalui jalur hutan juga dapat lebih menghemat waktu tempuh dan tenaga Anda dibandikan hiking melalui jalur reguler, tapi jalur hutan ini sangat beresiko jika Anda tidak familiar dengan tracknya dan mencoba melakukan pendakian seorang diri, Anda bisa tersesat di hutan. Para pengunjung yang belum pernah melewati jalur hutan disarankan untuk menyewa pemandu atau ikut mendaki bersama kelompok pendaki lain yang berpengalaman. Anda dapat menyewa seorang pemandu di Pos POKDARWIS dengan tarif Rp. 50.000 (sekitar US$ 3,54). Hati-hati dengan kondisi jalan setapak dan tebing yang licin dan mudah longsor. Jangan ambil jalur hutan di saat/setelah hujan, lebih baik menghindari resiko dari pada Anda menyesal kemudian. 

Butuh tumpangan sepeda motor ke puncak?
Anda harus dalam kondisi bugar untuk mendaki gunung Kaba. Jika Anda tidak yakin bahwa Anda cukup kuat untuk mendaki, Anda bisa naik ojek dari Simpang Pasar / Simpang Bukit Kaba menuju puncak gunung Kaba melalui jalur reguler dengan tarif Rp. 80.000 (sekitar US$ 5,6), atau naik ojek dari pos POKDARWIS dengan tarif Rp. 50.000 (sekitar US$ 3,54). Untuk menghindari penipuan tarif jasa ojek oleh orang-orang yang menawarkan jasa ojek, sebaiknya Anda membuat dan memastikan kesepakatan tarif jasa dengan tukang ojek terlebih dahulu sebelum Anda menaiki sepeda motornya dan bayar hanya jika Anda telah sampai di puncak gunung.

Kawah belerang gunung Kaba
Info Tambahan Gunung Kaba:
Elevasi puncak: 1.952 m (6.404 kaki)
Koordinat: 3.52 S, 102,62 E
Tipe gunung: stratovolcano (gunung berapi kerucut/komposit)
Erupsi terakhir: 26 -27 Agustus 2007

Lokasi: Dusun Sumber Urip, kabupaten Rejang Lebong, provinsi Bengkulu. Untuk menemukan lokasi gunung Kaba di Google Maps klik di sini!

Petunjuk lokasi secara umum: Gunung Kaba berada sekitar 19 km (11,8 mil) dari Curup ibukota kabupaten Rejang Lebong atau sekitar 104 km (64,7 mil) dari kota Bengkulu. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam berkendara dari Curup, 20 menit berkendara dari Simpang Pasar / Simpang Bukit Kaba, atau sekitar 3,5 jam perjalanan dari Bengkulu untuk sampai ke pintu masuk pos POKDARWIS.

Wisatawan asing sedang menikmati pemandangan kawah
Ayo Dukung Responsible Tourism!!
Jika Anda akan bermalam di puncak gunung Kaba (secara lokal dikenal juga dengan nama bukit Kaba) jangan lupa membawa kompor sehingga Anda tidak perlu menguras pasokan kayu bakar yang terbatas. Ketergantungan pada kayu bakar untuk keperluan memasak dapat menyebabkan terjadinya deforestasi/penggundulan hutan yang cepat. Jika Anda terpaksa menyalakan api, gunakanlah perapian yang sudah ada. Gunakan hanya cabang atau ranting pohon yang sudah mati. Pastikan bahwa Anda benar-benar memadamkan api setelah digunakan. Jangan meninggalkan sampah-sampah Anda dan pastikan orang lain di kelompok Anda melakukan hal yang sama. Mari kita dukung "Resposible Tourism" (Pariwisata yang Bertanggung Jawab)!!!!



Jangan gunakan foto-foto dari blog ini untuk tujuan apapun tanpa izin dari saya. Jika Anda ingin menggunakan foto-foto di blog ini silahkan email ke kurt_reyhans@yahoo.com 


Ekstra foto dari gunung Kaba


Gunung Kaba menawarkan jalur trekking yang menakjubkan 
"Gunung-gunung sedang memanggil, dan saya harus pergi." - John Muir


Gunung Kaba dikelilingi oleh lautan topografi hijau 
Menikmati pesona pemandangan gunung Kaba
Puncak gunung Kaba yang berkabut
Hiking bersama keluarga
Puncak gunung Kaba mengepulkan uap panas
Perhatikan dan puaskan sisi petualangan mu di gunung Kaba!
Pendakian Gunung Kaba - bersama kita bisa

Kontak: kurt_reyhans@yahoo.com
Foto: Adriansyah Putera, Peter Kimball, Jeff Clairmont 
Referensi tambahan: John Seach. “Kaba Volcano”. http://www.volcanolive.com/kaba.html


No comments:

Post a Comment